Jumat, 03 Februari 2012

mari belajar bahasa Indonesia III

27.    Bacalah dengan seksama paragraf analogi berikut!
Fakta membuktikan bahwa sebuah fondasi rumah bila terbuat dari bahan yang berkualitas dengan paduan pasir, kerikil atau koral, dan semen dengan komposisi yang sesuai aturan lalu adukan sempurna dan diberi besi yang kuat, kemudian didirikan di tempat yang tepat pula, tiang akan bediri kokoh. Sama halnya dengan keimanan seseorang. Bila seseorang mendasari keimanannya dengan pemahaman yang benar dan diterapkan secara sempurna pula, iman orang tersebut tidak akan mudah goyah oleh godaan apa pun. Begitulah bila iman seseorang dilaksanakan dengan baik.

Kalimat yang tepat untuk memperbaiki simpulan paragraf yang tercetak miring tersebut adalah...
a.       Demikianlah kekokohan keimanan seseorang yang didasari dengan ajaran yang benar.
b.      Oleh sebab itu, dasarilah keimanan dengan dasar yang kokoh dan benar sehingga tidak goyah
c.       Tidak mungkin iman sesorang dapat goyah jika fondasinya kokoh dan didasari ajaran yang benar.
d.      Maka, kita sebagai manusia harus membuat fondasi yang kuat untuk mendasari keimanan kita sendiri.
e.       Jadi, kekokohan iman seseorang sama halnya dengan kekokohan fondasi sebuah rumah sehingga tidak mudah roboh.
28.    Bacalah dengan seksama paragraf generalisasi berikut!
Seperti biasanya guru BK SMA Bahagia membagikan angket kepada siswa kelas XII untuk mengetahui minat mereka melanjutkan pendidikan perguruan tinggi keguruan. Setelah dihitung, di
peroleh isian, kelas XII IPA berminat 5 orang, IPS 10 orang, dan siswa Bahasa 13 orang. Sedangkan, jumlah siswa keseluruhannya 250 orang. Jadi, dapat diperkirakan mereka masih ragu memilih fakultas tersebut.

Kalimat yang tepat untuk mengganti simpulan yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah...
a.       Jadi, memang mereka tidak sedikit pun berminat untuk masuk keguruan.
b.      Saat ini mereka belum tertarik terhadap profesi guru dan tidak memilihnya.
c.       Jadi, kurang sekali minat siswa SMA Bahagia melanjutkan ke keguruan.
d.      Ternyata, banyak anak memilih melanjutkan ke bidang selain keguruan.
e.       Ada pendapat yang mengatakan, menjadi guru tidak mudah dan berat sekali.
29.    Bacalah dengan seksama paragraf berikut!
Menerapkan disiplin dengan baik membuat siswa hidup teratur. Karena dengan disiplin siswa datang tepat wakti sehingga  tidak mengganggu proses belajar. Dengan berdisplin, siswa akan terlatih untuk selalu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Disiplin tidak hanya menjadi perkataan semata, tetapi juga, dapat menjadi acuan bagi siswa dalam proses pembelajaran...

Kalimat berupa akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
a.      Dengan disiplin sangat membantu proses kelancaran belajar mengajar.
b.      Betapa pentingnya disiplin bagi sebuah sekolah untuk menjalankan segala aktivitas dengan baik.
c.       Semua siswa dan guru harus tahu akan manfaat mematuhi disiplin atau peraturan yang berlaku.
d.      Sosialisasi peraturan sekolah harus dilakukan terhadap warga sekolah agar tata tertib berjalan baik.
e.       Membuat peraturan sekolah sangatlah mudah, tetapi sulit melaksanakan peraturan tersebut.
30.    Bacalah  dengan saksama silogisme berikut!
PU  :  Anak durhaka tidak memiliki rasa sayang terhadap orang tuanya.
PK  :  ...
K    :  Fulhan tidak memiliki rasa sayang terhadap orang tuanya.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah ...
a.       Dia anak durhaka.
b.      Fulan tidak penyayang.
c.       Fulan anak durhaka.
d.      Dia harus penyayang.
e.       Anak durhaka berdosa.

31.    Bacalah dengan saksama urutan kalimat berikut!
(1)   Gafi dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa.
(2)   Untuk memastikan kebenaran diagnosis dokter, darah Gafi dicek di laboratorium.
(3)   Panas badan Gafi tidak turun-turun.
(4)   Ternyata, dugaan dokter benar dan Gafi dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit secara intensif.
(5)   Kata dokter, Gafi terkena demam berdarah.

Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk dijadikan sebuah paragraf yang baik adalah ...
a.       (1), (5), (3), (4), dan (2)
b.      (2), (1), (4), (5), dan (3)
c.       (3), (1), (5), (2), dan (4)
d.      (4), (3), (2), (1), dan (5)
e.       (4), (3), (2), (1), dan (5)

32.    Analisis dengan saksama kalimat utama dan kalimat penjelas berikut!
Kalimat Utama     : Perlunya penulis memiliki kebiasaan berbahasa yang teratur.
Kalimat penjelas :

(1) Kebiasaan teratur dalam berbahasa perlu dimiliki penulis atau penutur. (2) Penutur atau penulis perlu mengusahakan agar kalimat yang digunakan tidak melelahkan pendengar atau pembaca. (3) Artinya, kalimat diusahakan singkat, jelas ,dan komunikatif tanpa mengabaikan bahasa yang baik dan benar. (4) kalimat-kalimat yang kacau dengan cepat dapat dicermati dan dihindari mereka dalam penggunaannya. (5) Pandai-pandailah membawakan diri dan berbicara agar tidak diabaiakan orang saat berhadapan. (6) penampilan seseorang tidak dapat menjamin seseorang itu sukses berbicara di hadapan orang banyak.

Kalimat penjelas yang koheren adalah ...
a.       (1) dan (2)
b.      (2) dan (3)
c.       (3) dan (4)
d.      (4) dan (5)
e.       (5) dan (6)

33.    Bacalah dengam saksama paragraf berikut!
Tata istilah yang disertai beberapa buku penjelasan terbitan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, sering tidak ditaati. Ejaan tehnik, sistim, kordinasi, dan frekwensi masih banyak menghiasi halaman media cetak. Tidaklah mengherankan lagi bila pada suatu tulisan ditemukan ejaan merubah yang seharusnya penulisannya yang benar tidaklah demikian.

Kata baku yang tepat untuk memperbaiki kata yang tercetak miring dalam paragraf  tersebut adalah ...
a.       Teknik, sistiem, kordinir, frekuwensin, dan merobah
b.      Teknik, sistem, koordinasi, frekuensi, dan mengubah
c.       Teknik, sistem, koordinir, frekuwensi, dan merobah
d.      Teknik, sistem, koordinasi, frekuwensi, dan merobah
e.       Teknik, sistem, koordinasi, frekuensi, dan merobah
  
34.    Bacalah dengan saksama paragraf deskripsi berikut!
Dalam tanam itu terlihat aneka bunga mawar dengan berbagai warna ukuran, dan jenis. Ada yang berukuran besar dengan batangbyang agak tinggi, bunganya berwarna merah tua, disela dengan yang berwarna putih, mawar yang berukuran kecil, ditanam di tepi kolam berdampingan antara bunga warna merah jambu, putih dan merah tua. Warna mawar bertambah indah dengan rumput jepang yang halus di sekitar tanam. Tumbuh rata menutupi permukaan tanah sehingga ...

Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf deskripsi tersebut adalah ...
a.       Apabila ditimpa cahaya matahari akan berkilau.
b.      Penjaga rumput selalu memotong rapi.
c.       Tampak subur tumbuhnya karena disiram.
d.      Rumput itu seperti permadani terbentang.
e.       Rumput liar tidak dibiarkan tumbuh.

35.    Bacalah dengan saksama paragraf berikut!

Bajunya berkembang bunga latulip. Warna dari baju ... Potongan baju terkesan ... karena panjang baju setengah betis. Lengan baju ... seperti terompet.

Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ...
a.      Merah muda, sangat klasik, agak mekar.
b.      Merah delima, bagus sekali, sedikit kuncup.
c.       Cukup merah, cukup bagus, cukup kuncup.
d.      Hampir merah, begitu bagus, tidak kuncup.
e.       Menyerupai merah, sangat klasik, sedikit kuncup.

36.    Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
Guru harus memiliki keahlian tertentu dan distandarkan secara kode keprofesian .. ia tidak mempunyai keahlian menjadi guru, ia tidak dapat disebut sebagai guru ..., tidak semua orang bisa menjadi guru. Namun, pada kenyataannya banyak ditemui ... pilihna profesi guru adalah pilihan terakkhir. Profesi ini dirasa kurang bonaafide, dekat dengan status sosial menengah ke bawah, bergaji kecil, tidak sejahtera, ... hidup di bawah garis kemiskinan. Bahkan ada guru yang diambil dngan asal comot dengan alasan yang penting ada yang mengajar.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ...
a.       Bahwa, akan tetapi, jika, atau
b.      Bila, akan tetapi, namun, tetapi
c.       Bahwa, oleh karena itu, tetapi, dan
d.      Bila, oleh karena itu, bahwa, dan
e.       Bahkan, walaupun, bahwa, dan

37.    Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
Menjadi profesional, berarti menjadi ahli dalam bidangnya. Seorang ahli, tentunya berkualitas dalam .. pekerjaannya. Akan tetapi, tidak semua ahli dapat menjadi berkualitas. Karena menjadi berkualitas bukan hanya ... ahli, tetapi juga ... persoalan integritas dan personalitas.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ...
a.      Melakukan, menyoalkan, disangkutkan
b.      Perlakuan, penyoalan, tersangkut
c.       Melaksanakan, persoalan, menyangkut
d.      Dilaksanakan, dipersoalkan, disangkutkan
e.       Melaksanakan, penyoalan, diangkutkan

38.    Bacalah dengan saksama kutipan teks pidato berikut!

Saudara-saudara yang saya hormati,
Guru profesional adalah guru yang meramu kualitas dan integrasinya. Kita tidak hanya memberikan pembelajaran bagi peserta didiknya, tetapi juga harus menambah pembelajaran bagi diri kita sendiri karen zaman terus berubah. Kita harus terus meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam berbagai bidang. Peningkatan kualitas ini, tidak hanya didapat melalui ruang fomal, tetapi juga bisa melalui pelatihan-pelatihan peningkatan kualitas guru.

Kalimat persuasif yang padu dengan isi kutipan teks pidato yang rumpang adalah ...
a.      Oleh sebab itu, marilah kita meningkatkan keterampilan kita agar menjadi guru yang profesional.
b.      Semua guru haruslah menjadi contoh, tidak hanya bagi siswa sebagai anak didiknya, tetapi juga orang lain.
c.       Belajar itu dikatakan sepanjang hayat, belajar kepada siapa saja, dan dalam kesempatan apa saja.
d.      Dengan  belajar, semua orang akan menjadi tahu apa yang tidak diketahuinya dan tidak bisa menjadi bisa.
e.       Kejarlah cita-cita sebelum terlambat agar dapat memanfaatkan waktu dan tidak akan menyesal nanti.

X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar